Kegiatan MBKM
Kegiatan pembelajaran luar kampus mengacu pada kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2020. Berikut beberapa penjelasan mengenai kegiatan dalam program MB-KM yang ditawarkan bagi mahasiswa Program Studi Matematika:
1. Pertukaran Pelajar
2. Membangun Desa / KKN Tematik
3. Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan
4. Magang / Praktik Kerja
1. Pertukaran Pelajar
Setiap mahasiswa Program Studi Matematika diberikan hak belajar di luar Program Studi, yang terdiri atas hak belajar 1 (satu) semester di luar Program Studi di UNPATTI yaitu pada semester V. Mata Kuliah program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di luar Program Studi ditawarkan pada mahasiswa maksimal sebanyak 20 SKS sesuai dengan Profil Lulusan yang hendak dicapai. Capaian 20 SKS dapat di pilih mahasiswa di Program Studi lain dalam UNPATTI sesuai dengan minat dengan tetap mengacu pada ketercapaian CPL Program Studi. Mata kuliah d luar Program Studi Matematika dalam UNPATTI ini ditawarkan pada mahasiswa semester V yang mengambil program MB-KM.
Mata Kuliah Luar Prodi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dapat dipilih mahasiswa disajikan pada tabel dibawah ini:
Tabel Mata Kuliah Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka
No |
Mata Kuliah |
SKS |
Program Studi (Dalam UNPATTI) |
1 |
Analisis Data Kategorik |
3 |
Statistika |
2 |
Statistika Kependudukan |
2 |
|
3 |
Teori Resiko Aktuaria I |
3 |
|
4 |
Teknik Penarikan Sampel |
3 |
|
5 |
Etika Bisnis dan Profesi |
3 |
Akuntansi |
6 |
Bank dan lembaga keuangan non-bank |
3 |
|
7 |
Ekonomi Pembangunan Kepulauan dan Kemaritiman |
3 |
Ekonomi Pembangunan |
8 |
Manajemen Perbankan |
3 |
Manajemen |
9 |
Belajar dan Pembelajaran |
2 |
Pendidikan Matematika |
10 |
Perencanaan Pembelajaran Matematika |
3 |
|
11 |
Profesi Kependidikan |
3 |
|
12 |
Professional Speaking |
3 |
Pendidikan Bahasa Inggris |
13 |
Profesional Writing |
3 |
|
14 |
English for Enterpreneurship |
2 |
|
15 |
e-business |
2 |
Teknik Industri |
16 |
Perencanaan dan Pengendalian Produksi |
3 |
|
Jumlah SKS |
144 |
_______________________________________________________________________________________________________
Universitas Negeri Semarang |
|||
Prodi Matematika (S1) FMIPA |
|||
No |
Mata Kuliah |
Semester |
SKS |
1 |
Filsafat Matematika |
Genap |
3 |
2 |
Pemodelan Matematika |
Genap |
3 |
3 |
Geometri Ruang |
Genap |
3 |
Prodi Pend. Matematika (S1) FMIPA |
|||
1 |
Etnomatematika |
Genap |
3 |
2 |
Literasi Digital dan Kemanusiaan |
Genap |
3 |
Prodi Informatika (S1) FMIPA |
|||
1 |
Kecerdasan Buatan |
Genap |
3 |
2 |
Jaringan Saraf Tiruan |
Genap |
3 |
3 |
Algoritma Genetika |
Genap |
3 |
Universitas Diponegoro |
|||
Prodi Matematika (S1) Fakultas Sains dan Matematika |
|||
No |
Mata Kuliah |
Semester |
SKS |
1 |
Metode Peramalan |
Genap |
3 |
2 |
Mat.Real Problem Solving |
Genap |
3 |
3 |
Kontrol Optimum |
Genap |
3 |
4 |
Program Bilangan Bulat |
Genap |
|
Prodi Ilmu komputer informatika (S1) Fakultas Sains dan Matematika |
|||
1 |
Grafika dan Komputasi Visual |
Genap |
3 |
2 |
Sistem Cerdas |
Genap |
3 |
3 |
Sistem Informasi |
Genap |
3 |
4 |
Machine Learning |
Genap |
3 |
Prodi Statistika (S1) FSM |
|||
1 |
Manajemen Pemasaran |
Genap |
3 |
2 |
Analisis dan Visualisasi Data |
Genap |
3 |
3 |
Teknik Simulasi |
Genap |
3 |
4 |
Statistical Consulting |
Genap |
3 |
5 |
Metode Peramalan |
Genap |
3 |
6 |
Ststistika Pemerintahan |
Genap |
3 |
7 |
Jaringan Saraf Tiruan |
Genap |
3 |
8 |
Analisis Survival |
Genap |
3 |
Universitas Negeri Sebelas Maret |
|||
Prodi Matematika (S1) FMIPA |
|||
No |
Mata Kuliah |
Semester |
SKS |
1 |
Pemodelan Epidemologi |
Genap |
3 |
2 |
Pengantar Teori Kontrol |
Genap |
2 |
3 |
Model Resiko |
Genap |
2 |
4 |
Technopreneurship |
Genap |
2 |
5 |
Pengantar Kriptografi dan Koding |
Genap |
3 |
6 |
Sistem Dinamik |
Genap |
2 |
7 |
Komunikasi Matematis |
Genap |
2 |
Informatika (S1) FMIPA |
|||
1 |
Kecerdasan Buatan |
Genap |
3 |
2 |
Pemrograman Web |
Genap |
3 (1) |
2. Membangun Desa / KKN Tematik
Kegiatan ini diharapkan dapat mengasah softskill kemitraan, kerjasama tim lintas disiplin/keilmuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan. Sejauh ini perguruan tinggi sudah menjalankan program KKS, hanya saja Satuan Kredit Semesternya (SKS) hanya setara 3 SKS. Kegiatan ini kemudian disesuaikan dengan program kampus merdeka yang dalam pelaksanaannya pada Program Studi Matematika total SKS yang diakomodir adalah 9 SKS.
Tujuan program membangun desa/kuliah kerja nyata antara lain:
- Kehadiran mahasiswa selama 6 bulan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya bekerjasama dengan banyak pemangku kepentingan di lapangan.
- Membantu percepatan pembangunan di wilayah pedesaan bersama dengan Kementerian Desa PDTT.
Ekuivalensi SKS kegiatan ini dapat mengacu pada tabel berikut:
Tabel Ekuivalensi SKS kegiatan Pembelajaran Membangun Desa/KKN Tematik
Pembelajaran Luar Kampus | Ekuivalensi Mata Kuliah/Kompetensi |
SKS |
Membangun Desa / KKN Tematik | KKN |
3 |
Kapita Selekta Statistika |
3 |
|
Manajemen Data dan Informasi |
3 |
|
TOTAL SKS |
9 |
Kegiatan Membangun Desa/ KKN Tematik mewajibkan mahasiswa membuat laporan / jurnal mini yang harus diserahkan kepada PS Matematika terkait kegiatan yang dilakukan. Mekanisme pelaksanaan program Membangun Desa / KKN Tematik dapat dilihat pada Gambar berikut:
Gambar Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan Membangun Desa / KKN Tematik
(Sumber: Panduan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Ditjen DIKTI, 2020)
3. Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan
Kegiatan pembelajaran dalam bentuk asistensi mengajar dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan seperti sekolah dasar, menengah, maupun atas. Sekolah tempat praktek mengajar dapat berada di lokasi kota maupun di daerah terpencil. Tujuan program asistensi mengajar di satuan pendidikan antara lain:
- Memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di satuan pendidikan.
- Membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan, serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi dan perkembangan zaman.
Kegiatan ini umumnya dapat dipilih oleh program kependidikan, namum mahasiswa prodi matematika yang berminat dapat memilih program ini sebagai salah satu kegiatan yang beririsan atau di gabungkan pada kegiatan proyek membangun di desa.
Ekuivalensi SKS pada kegiatan ini dapat mengacu pada tabel berikut:
Tabel Ekuivalensi SKS Kegiatan Asistensi Mengajar di satuan Pendidikan
Pembelajaran Luar Kampus |
Ekuivalensi Mata Kuliah/Kompetensi |
SKS |
Asistensi Mengajar di satuan Pendidikan |
KKN |
3 |
Olimpiade Matematika Sekolah Dasar dan Menengah |
3 |
|
Manajemen Data dan Informasi |
3 |
|
TOTAL SKS |
9 |
Mekanisme pelaksanaan program mengajar disatuan pendidikan dapat dilihat pada gambar berikut:
Gambar Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan Mengajar di Sekolah/Satuan Pendidikan
(Sumber: Panduan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Ditjen DIKTI, 2020)
4. Magang / Praktik Kerja
Selama ini mahasiswa kurang mendapat pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata sehingga kurang siap bekerja. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa, pembelajaran langsung di tempat kerja (experiential learning). Selama magang mahasiswa akan mendapatkan hardskills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dsb.), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, dsb.). Bagi industri mendapatkan talenta yang bila cocok nantinya bisa langsung di-recruit, sehingga mengurangi biaya recruitment dan training awal/induksi. Mahasiswa yang sudah mengenal tempat kerja tersebut akan lebih mantap dalam memasuki dunia kerja dan karirnya. Ekuivalensi SKS pada kegiatan ini dapat mengacu pada tabel berikut:
Tabel Ekuivalensi SKS Kegiatan Pembelajaran Magang/Praktik Kerja
Pembelajaran Luar Kampus |
Ekuivalensi Mata Kuliah/Kompetensi |
SKS |
Magang/Praktik Kerja |
KKN |
3 |
Manajemen Data dan Informasi |
3 |
|
Kapita Selekta Statistika* Pengantar Matematika Aktuaria* Matematika Keuangan* |
3 |
|
TOTAL SKS |
9 |
*) Mata kuliah diperhtungkan sesuai tempat magang mahasiswa
Gambar Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan Magang/Praktik Industri
Sumber: Panduan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Ditjen DIKTI, 2020)
Lebih lanjut, Kegiatan Membangun Desa/ KKN Tematik, Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, dan Magang / Praktik Kerja mewajibkan mahasiswa membuat laporan / jurnal mini yang harus diserahkan kepada PS Matematika sesuai kegiatan yang dilakukan.
Copyright © 2024 Education WordPress Theme | Powered by WordPress.org